Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik





Pemateri : Ir. Arief Abdurrakhman, S.T., M.T.

• Apa sebenarnya yang dimaksud critical thinking dan problem solving? 

~ Critical thinking adalah kemampuan berpikir secara rasional dan melibatkan diri dalam pemikiran reflektif.


~ Problem solving, atau kemampuan menyelesaikan masalah, merupakan kemampuan yang wajib dimiliki generasi milenial. Kemampuan ini berguna saat dihadapkan pada kondisi yang sulit sehingga mampu fokus pada solusi, bukan pada masalah yang dihadapi.


• TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu Tanpa Kemiskinan; Tanpa Kelaparan; Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Pendidikan Berkualitas; Kesetaraan Gender; Air Bersih dan Sanitasi Layak; Energi Bersih dan Terjangkau; Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; Industri, Inovasi dan Infrastruktur; Berkurangnya Kesenjangan; Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; Penanganan Perubahan Iklim; Ekosistem Lautan; Ekosistem Daratan; Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.


• Tahapan proses berpikir kritis meliputi memahami masalah, menganalisis masalah, mengidentifikasi informasi yang relevan dengan masalah, merencanakan solusi, menarik kesimpulan, mengevaluasi solusi yang telah dibuat dan mencari alternatif lain dalam penyelesaian masalah.


• Artikel critical thinking dan problem solving untuk milenial ini sebenarnya bisa pula berlaku bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LPKS

Lembaga Unusa Languege Canter (ULC)

HARMONISNYA ACARA BUKA BERSAMA TEMAN