PERAYAAN KEMERDEKAAN DI DESAKU

    HUT RI KE-79  DI DESAKU





Nama saya adalah Siti Ida Fauziah, saya adalah mahasiswa UNUSA, saya dari Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital, prodi S1 Akuntansi. Disini saya akan menceritakan mengenai perayaan kemerdekaan di desa saya. Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia berarti kebebasan dari penindasan dan penguasaan bangsa asing, serta kedaulatan untuk menentukan nasibnya. Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno. Setiap tanggal 17 Agustus, warga Indonesia merayakan dan mensyukuri peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan melakukan upacara bendera serta biasanya diselenggarakan berbagai macam perlombaan, yang populer adalah tarik tambang, Panjat pinang, lari kelereng, balap karung dan lain-lainnya. Kegembiraan ini tidak hanya mencerminkan kebanggaan terhadap tanah air, tetapi juga sebagai ungkapan syukur kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.


Di desaku untuk memperingati HUT RI yang ke 79, desaku mengadakan reli sepeda. Acara ini dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus 2024. Semua sepeda di hias dengan kertas berwarna-warni dan dengan hiasan kreasi lainnya. Beberapa remaja mengenakan gaun yang terbuat dari kresek yang sudah di desain secantik mungkin. Ada banyak mobil yang diberi sound besar untuk menyalakan musik agar suasana lebih meriah. Dan juga ada para ibu yang mengenakan seragam, dan berbaris rapi serta bergoyang mengikuti alunan musik. Jam 8 pagi kami mulai berangkat untuk berkeliling ke desa tetangga, untuk memberitahu bahwa desa kami juga ikut memeriahkan hari kemerdekaan. Setelah selesai, kami berkumpul di satu tempat dan menunggu untuk pengundian kupon, ada banyak sekali hadiah yang bisa dimenangkan apabila beruntung. Setelah acara pengundian selesai, acara disambung dengan berbagai lomba, ada lomba kelereng, sunggi tempeh, pecah balon, dan banyak lagi. Adik-adik banyak yang ikut lomba sehingga acara semakin meriah, di sana juga banyak penjual sehingga semakin ramai. Aku sangat menyukai acara ini, karena di desaku selalu merayakan hari kemerdekaan setiap tahunnya, saya harap saya bisa selalu mengikuti acara ini sampai kapanpun.





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LPKS

Lembaga Unusa Languege Canter (ULC)

HARMONISNYA ACARA BUKA BERSAMA TEMAN